Implan Pada Gigi Geraham

Fungsi Penting Gigi Geraham

Gigi geraham adalah gigi yang penting bagi pencernaan manusia. Meski antara gigi dengan lambung seperti tidak ada hubungannya, namun lambung dan usus akan lebih mudah dalam memproses makanan apabila sebelumnya di mulut telah dikunyah sampai lumat. Dan gigi yang sangat berperan bagi proses tersebut adalah gigi geraham.

Apabila gigi geraham sudah tidak ada, proses pelumatan makanan menjadi tidak maksimal sehingga membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras lagi. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan proses pencernaan, bagi mereka yang sudah tidak punya gigi geraham lagi bisa memanfaatkan implan gigi sebagai salah satu solusinya.

Banyak pasien yang kini bisa mengunyah makanan dengan nyaman kembali dengan implan gigi.

Mengapa harus Implan Gigi?

Pertanyaan ini tentu membutuhkan penjelasan logis. Gigi yang hilang, keropos, atau bahkan patah bisa membuat fungsi gigi menjadi lamban dan menurun. Kehilangan gigi depan mempengaruhi penampilan, kehilangan gigi belakang mempengaruhi fungsi pengunyahan.

Kehilangan gigi akan mengakibatkan adanya celah di antara gigi dan jika hal ini dibiarkan akan mengakibatkan pergeseran gigi ke arah celah tersebut. Pada bagian tersebut gigi geligi akan nampak jarang. Akibatnya, sisa makanan mudah terselip di sela-selanya.

Keunggulang pemasangan implan sebagai pengganti gigi yang hilang dibanding dengan gigi tiruan lepas ataupun crown-and-bridge adalah, implan gigi akan terasa seperti memiliki gigi asli, tidak ada kekawatiran lepas, rusak atau pecah.

Jika digunakan untuk mengunyah juga lebih nyaman, sisa makanan lebih mudah dibersihkan dan bisa digunakan untuk mengunyah makanan yang keras sekalipun.

Pertimbangan Pemasangan Implan Gigi

Untuk pemasangan implan gigi sebelumnya harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter gigi yang kompeten dibidangnya. Dokter gigi selain akan memeriksa kesehatan gigi dan mulut, juga akan memeriksa kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kadang proses pemasangan implan gigi bisa segera dilakukan, namun pada beberapa kasus pasien harus melakukan perawatan terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu. Setelah dinilai kondisinya sudah bagus, barulah proses implan bisa dilakukan. Calon pasien harus bersabar untuk ini.

Namun jika menurut dokter sudah layak, lebih baik segera dieksekusi tanpa harus menunggu lagi. Dokter gigi ahli implan di Indonesia salah satunya adalah DR. drg. Ratna Sari Dewi, Sp.Pros. Beliau berpraktek di RSD Dental Clinic yang berlokasi di bilangan Pejaten, Jakarta Selatan.

Silahkan berkonsultasi langsung dengan beliau atau melalui email rsd_dental@yahoo.com. Semua email akan dibalas secara pribadi dan kerahasiaan dijamin.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *