Gejala Dan Penyebab Kanker Lidah

Kanker mulut termasuk kanker lidah, adalah jenis kanker yang terjadi pada lidah ketika pertumbuhan sel – sel lidah menjadi tidak terkendali. Kanker ini dapat merenggut nyawa seseorang karena kerap tidak dikenali.

Menurut Oral Cancer Foundation, banyak penderita kanker lidah, mulut, dan tenggorokan tidak menyadari penyakitnya sampai masuk stadium 4. Kanker lidah paling sering tumbuh dan berkembang pada sel – sel skuamosa yang ada di permukaan lidah. Sel skuamosa merupakan sel berbentuk datar atau pipih seperti kulit yang melapisi permukaan mulut, hidung, laring, tiroid, dan tenggorokan.

Secara anatomi, lidah manusia terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan yang terletak dalam mulut dan bagian pangkal yang terletak di dekat tenggorokan. Kanker yang tumbuh pada lidah bagian depan ini termasuk di dalam kategori kanker mulut, sementara kanker yang tumbuh pada bagian pangkal lidah termasuk di dalam kanker orofaring.

Gejala kanker lidah sangat mirip dengan gejala kanker mulut lainnya. Tanda umum kanker mulut adalah munculnya bercak atau luka yang tak biasa dan tak hilang selama berminggu-minggu.

Bercak atau luka bisa muncul di bagian langit-langit mulut, lidah, gusi, ataupun tenggorokan. Jika menjumpai bercak itu dan bertahan dalam waktu lama, Anda perlu segera ke dokter untuk konsultasi.

Jangan menunggu rasa sakit muncul sebab awal kanker mulut biasanya tak disertai nyeri. Namun ada juga yang disertai demam yang tak kunjung sembuh, atau sakit terus-menerus dalam mulut.

Kanker Lidah samping

Kanker Lidah di bagian samping.

Gejala – gejala kanker lidah yang perlu diwaspadai diantaranya :

• Sariawan yang tidak kunjung sembuh
• Sakit tenggorokan yang berlangsung terus-menerus
• Bercak berwarna merah atau putih pada lidah
• Terdapat ada benjolan
• Sakit saat menelan
• Rasa kebas dalam mulut yang tidak kunjung hilang
• Perdarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah
• Rasa sakit pada telinga (jarang terjadi)

Hingga saat ini penyebab kanker lidah belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor tertentu yang dipercaya dapat memicu terjadinya kanker lidah.

Berikut ini beberapa faktor risiko pemicu kanker lidah meliputi :

1. Rokok
Sekitar 85% kanker pada daerah kepala dan leher, termasuk lidah, disebabkan oleh konsumsi tembakau. Selain itu, perokok pasif juga berisiko lebih tinggi untuk terjangkit kanker di bagian kepala dan leher.

2. Minuman keras (alkohol)
Konsumsi alkohol secara rutin dalam jumlah yang relatif banyak juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lidah. Konsumsi alkohol apabila dikombinasikan dengan merokok akan semakin meningkatkan risiko seseorang untuk terjangkit kanker ini.

3. Human papillomavirus (HPV)
Walau jarang terjadi, virus HPV dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal dalam mulut sehingga memicu kanker. Penularan virus ini dapat terjadi jika seseorang bersentuhan langsung dengan kulit pengidap atau benda yang terkontaminasi virus HPV.

4. Higienitas mulut yang rendah
Kanker lidah juga dapat dikaitkan dengan luka pada mulut yang tidak kunjung sembuh. Luka ini dapat terjadi akibat patahan gigi yang melukai bagian dalam mulut atau sariawan yang sering muncul dan tidak kunjung sembuh. Oleh karenanya, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan mengobati luka yang terjadi dalam rongga mulut sesegera mungkin.

kanker pangkal lidah

Kanker Lidah di bagian pangkal.

Demikian gejala dan penyebab kanker lidah yang harus anda ketahui.

Walaupun belum diketahui secara pasti penyebabnya dan belum ada cara yang benar – benar terbukti untuk mencegah kondisi ini, tidak ada salahnya anda untuk melakukan langkah menghindarinya, seperti menghindari konsumsi alkohol, jangan merokok terlalu berlebihan atau tidak sama sekali, dan memperbanyak konsumsi makanan sehat, dan menjaga pola hidup sehat.

(info dari berbagai sumber).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *